Streaming Format AAC

Streaming Format MP3

Polwan Kanada Kini Boleh Berjilbab

Perempuan polisi atau polwan di Edmonton, Alberta, Kanada, kini diizinkan untuk memakai jilbab sebagai bagian dari seragam mereka.

Walau Kepolisian Edmonton (Edmonton Police Service/EPS) mengatakan pihaknya tidak mendapat permintaan seragam berjilbab, desain baru itu merupakan bagian dari upaya unit polisi untuk lebih mencerminkan "keanekaragaman yang sedang terjadi di masyarakat, dan untuk memfasilitasi pertumbuhan minat karier di kepolisian dari komunitas Muslim Edmonton". Demikian kata sebuah siaran pers polisi setempat.

Dewan Kota Scott McKeen mengatakan kepada The National Post, persetujuan seragam baru itu merupakan "sikap inklusif" bagi kaum perempuan, yang mengenakan jilbab sebagai ekspresi iman mereka. Para petugas laki-laki di Edmonton sudah bisa memakai turban. Demikian tulis Edmonton Journal.

"Hal ini membuat para perempuan Muslim menjadi bagian dari komunitas," kata Soraya Zaki Hafez, presiden daerah Edmonton dari Dewan Perempuan Muslim Kanada, kepada media itu. "Saya pikir kami merupakan pelopor."

Sebuah divisi EPS bekerja sama dengan penjahit jilbab untuk mengembangkan prototipe (seperti terlihat di foto), yang cocok dengan standar polisi. Tidak seperti jilbab tradisional, versi polisi itu dirancang lebih sederhana dan mudah dicopot, lapor National Post.

"Setelah pengujian yang ketat, ditetapkan bahwa jilbab tidak menimbulkan risiko apa pun kepada petugas yang memakainya, atau mengurangi efektivitas petugas, atau mengganggu tugas polisi atau interaksi dengan publik," kata siaran pers itu.

"Lepas dari ras, budaya, agama, atau orientasi seksual, adalah penting bahwa siapa pun yang punya panggilan untuk melayani dan melindungi warga Edmonton, dan melewati proses rekrutmen yang ketat dan standar pelatihan polisi, diterima dalam EPS," kata Kevin Galvin, Inspektur EPS yang mewakili Ketua Komite Penghubung Komunitas Muslim, dalam rilis itu.

Latest News

Music Video

Top Artikel

  • Top Week

  • Top Month

  • Latest News

    • Alice Suyadi: Diam di Panggung Itu Kurang Greget

      Penyanyi Alice Suyadi merasa belum lengkap bila klip video single terbarunya, "Overprotective", yang diciptanya bersama Dian Nebula dan Labe Ascada, tak diisi dengan goyangan.

      Radio RJM
    • Anisa eks-Cherrybelle Curi-curi Kesempatan

      Mantan personel girlband Cherrybelle, Anisa Rahma, menjadi salah satu artis yang ikut memeriahkan puncak acara Festival Film Indonesia 2013 di Semarang, Jawa Tengah.

      Radio RJM
    • Vadi Akbar Ingin Melebihi Vidi Aldiano

      Masuk ke industri musik Indonesia, adik vokalis Vidi Aldiano, Vadi Akbar, berharap bisa melampaui keberhasilan sang kakak dengan mengenalkan single perdananya, "Jangan Salah". Lagu itu didaur ulang dari lagu yang pernah dipopulerkan oleh band Karimata.

      Radio RJM
  • Popular

    • Vadi Akbar Ingin Melebihi Vidi Aldiano

      Masuk ke industri musik Indonesia, adik vokalis Vidi Aldiano, Vadi Akbar, berharap bisa melampaui keberhasilan sang kakak dengan mengenalkan single perdananya, "Jangan Salah". Lagu itu didaur ulang dari lagu yang pernah dipopulerkan oleh band Karimata.

      Radio RJM
    • Kaka Lupa Lirik Lagu-lagu Album Pertama Slank

      Kaka, vokalis band Slank, mengaku harus berlatih keras karena tak hafal lagi lirik sejumlah lagu lama Slank yang akan dinyanyikannya dalam konser besar ulang tahun ke-30 Slank, yang akan digelar Jumat (13/12/2013) malam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

      Radio RJM
    • Kini Luna Maya Digosipkan dengan Produser Eksekutif Film Animasi

      Sejak minggu lalu, vokalis band NOAH, Nazriel Irham alias Ariel, digosipkan menjalin hubungan istimewa dengan artis peran sekaligus vokalis Sophia Latjuba atau Sophie, yang kini menggunakan nama Sophia Mueller.

      Radio RJM